CANDI IJO SLEMAN

Kawasan Wisata Sejarah Candi Ijo terletak di Bukit ijo, Desa Sambirejo, Sleman Yogyakarta tepatnya sebelah tenggara Candi Prambanan. Candi Ijo merupakan candi dengan letak tertinggi di Yogyakarta, Berada diketinggian 410 m diatas permukaan laut. Candi Ijo didirikan sekitar abad ke-9. Meski daerah di candi merupakan daerah yang tandus dan banyak batuan-batuan kapur namun tidak mengurangi keindahaan yang anda bisa lihat dari kawasaan bukit ijo. Anda juga bisa melihat indahnya Kota Yogyakarta dari kawasan Candi Ijo ini.

Memasuki bangunan pagar bisa dilihat berbagai ornamen dan ragam hias. Kawasan Wisata Sejarah Candi Ijo merupakan kompleks Percandian, Dikompleks candi ini terdiri 17 struktur bangunan dan 11 teras berundak. diteras ke-1 dan ke-4 terdapat satu candi, diteras ke-5 terdapat satu candi dan dua batur,Pada teras ke-9 merupakan sisa batur bangunan, diteras ke-8 terdapat bangunan tiga buah candi dan empat buah batur bangunan, terdapat juga prasasti bertulisakan kode huruf F yang bertuliskan Guywan, serta Prasasti batu yang berukuran tinggi 14 cm dan lebar 9 cm, diteras paling atas teras ke-11 merupakan tempat yang dianggap paling suci, pada halaman teras tersebut ditemukan pagar keliling , delapan buah linggapatok, dan empat bangunan, yaitu candi utama dan candi tiga candi perwara . Sedangkan diteras ke-2 ke-3, ke-6, ke-7 dan ke-10 tidak ditemukan bangunan. Semua yang ada di bangunan Candi menarik untuk diteliti dan dipelajari.

Terdapat banyak arca yang ditemukan di candi ini, namun untuk mencegah terjadi hal yang tidak dinginkan, seperti penjualan barang purbakala dan sebagainya, arca- arca tesebut disimpan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala. Terdapat linggayoni di dalam candi yang melambangkan Dewa Siwa, yang bisa dibuat kesimpulan candi ini berlatar belakang hindu, terdapat juga arca lembu yang merupakan kendaraan Dewa Siwa dalam mitologi Hindu. Terdapat juga arca Narasinga berkepala singa dan berbadan manusia, yang diyakini merupakan jelmaan dari Dewa Siwa. Terdapat juga arca yang menggambarkan laki-laki dan perumpuan yang mengarah pada sisi tertentu, yang diyakini arca tersebut digunakan untuk mengusir roh jahat.

Untuk masuk ke kawasan Wisata Sejarah Candi Ijo tidak dikenakan biaya apapun , namun bagi anda wajib untuk mengisi buku tamu. Selain Candi Ijo anda bisa mnemukan candi–candi menarik yang ada di jogja seperti candi sambisari dan candi kalasan yang menarik untuk diteliti dan dinikmati sejarah dan budayanya.


http://nolkmjogja.blogspot.co.id/2016/08/objek-wisata-candi-ijo-jogja.html