Desa Wisata Kembang Arum

Profil Desa Wisata Kembangarum

Desa wisata Kembangarum merupakan desa wisata yang diresmikan pada pertengahan tahun 2005. Desa ini menawarkan edukasi dan alam sebagai sajian wisata bagi pengunjung. Program-program yang dirancang dan dibangun di desa wisata ini mengedepankan edukasi atau pendidikan bagi anak-anak khususnya. Hal ini ditunjukkan degan adanya sanggar lukis dan perpustakaan yang dibangun menarik untuk anak-anak. Perpustakaan da sanggar luis ini berada di deknat sungai dan taman sehingga menambah suasana sejuk di desa tersebut. Tentunya hal ini sangat diminati oleh anak-anak. Selain pendidikan, desa wisata Kembangarum juga menawarkan sarana permainan tradisional di halaman  pendopo yang dijadikan sanggar lukis. Berbagai permainan tradisional seperti enggrang, engklek, dakon, gobak sodor, dan lainnya dapat dimainkan di lokasi tersebut. Sungai di desa ini juga dijadikan sebagai sarana permainan. Sungai tersebut bukan merupakan sungai yang kotor dan tidak terawat, tetapi sungai ini sengaja dirawat dan dibuat sebagai arena permainan.

Kolam pemancingan ikan dan kolam renang alami merupakan arena bermain yang tidak kalah menarik. Desa wisata Kembangarum memiliki luas 13 hektar sehingga banyak obyek dan arena permainan yang dapat disajikan di desa tersebut.

Paket Wisata

1. Menginap

Di desa wisata Kembangarum terdapat sebuuah rumah yang dibangun khusus untuk para tamu dan penginapan. Rumah ini dibangun dari bambu, berlantai tanah, dan dihiasi dengan wayang dan lukisan-lukisan. Di depan rumah ini terdapat berbagai barang unik, seperti patung bambu dan kursi meja bambu. Di rumah ini pengunjung dapat memperoleh kenyamanan karena nuansa sejuk dari pemandangan dan suara gemercik air yang menenangkan. Rumah ini disewakan Rp 750.000,00 per malam untuk rombongan.

2. Melukis

Pengunjung desa wisata Kembangarum dapat memperoleh keterampilan melukis dengan membayar Rp 100.000,00 per orang. Fasilitas yang diberikan adalah kain kanvas, cat lukis, dan dilatih cara melukis yang benar. Hasil lukisan tersebut dapat dibawa pulang oleh pengunjung. Begitu juga dengan batik tulis yang dapat dibawa pulang. Selain lukisan biasa, pengunjung dapat belajar batik tulis di desa wisata Kembangarum. Biaya membuat batuk tulis adalah Rp 125.000,00 per orang.

3. Pijit
Pengunjung akan memperoleh fasilitas pijat di desa wisata Kembangarum dengan membayar Rp 50.000 per orang. Pijat ini dapat dilakukan di pinggir sungai sambil menikmati keindahan alam yang disajikan di desa tersebut.

4. Kuliner
Kuliner khas yang ditawarkan di desa ini adalah nasi takir dengan harga Rp 20.000,00 per porsi
Sarana dan Prasarana yang Terdapat di Desa Kembangarum :
1.    Masjid
2.    Homestay
3.    Arena pemainan
4.    Sanggar lukis
5.    Perpustakaan wisata
6.    Mobil untuk jelajah alam
7.    Rumah makan
Jalur Transportasi Kembangarum
Terminal Giwangan (bus Jogja-Tempel) – turun di Pasar Sleman – naik jalur D4
Biaya : Jogja – Tempel  : Rp 5.000,-
Jalur D4 : Rp 3.000,-

Peta Desa Wisata Kembangarum

Alamat dan Contact Person :

Desa Donokerto, Kecamatan  Turi, Kabupaten Sleman

CP : 085868334422

 

 

Sumber: https://desawisatasleman.wordpress.com/desa-wisata-kembangarum/