PENGUKUHAN SENTRA INDUSTRI GENTENG GODEAN SIDOREJO

Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si mengukuhkan Sentra Industri Genteng Godean Sidorejo di Dusun Kwagon Desa Sidorejo Kecamatan Godean pada hari Selasa tanggal 4 Oktober 2016. Pengukuhan Sentra Industri Genteng Godean Sidorejo ini adalah sentra industri ketiga yang dikukuhkan di tahun 2016 yang berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sleman Nomor 57/Kep.KDH/A/2016 tentang Sentra Industri di Kabupaten Sleman Tahap II. DI hari yang sama, Bupati Sleman juga mengukuhkan Asosiasi Pengrajin Genteng Kabupaten Sleman “SEMBADA MANUNGGAL”. Pada pengukuhan asosiasi serta sentra ini hadir Camat Godean  Drs. Ahmad Yuno Nurkaryadi, MM., Camat Seyegan Drs. Budi Sutamba Saputra, Kepala Desa Sidorejo Isharyanto, Badan Perencanaan dan pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan, Dinas Sumber Daya Air, Energi dan Mineral, Bagian Perkonomian Sekretariat Daerah, Kepolisian Sektor Godean, Komando Rayon Militer 16/Godean, pengurus dan anggota Asosiasi Pengrajin Genteng Kabupaten Sleman “SEMBADA MANUNGGAL”, pengrajin genteng di Industri Genteng Godean Sidorejo, Bank BP DIY, serta BPJS Ketenagakerjaan.

Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si mengukuhkan Asosiasi Pengrajin Genteng Kabupaten Sleman “SEMBADA MANUNGGAL”
Ketua Umum Asosiasi Pengrajin Genteng Kabupaten Sleman “SEMBADA MANUNGGAL” Sukiman Hadi Wijoyo menjelaskan bahwa gempuran produk genteng dari luar Sleman dalam beberapa tahun terakhir mengakibatkan usaha para perajin genteng di Kabupaten Sleman, khususnya di tiga kecamatan (Godean, Seyegan dan Minggir), lesu. Beliau berharap Pemerintah Kabupaten Sleman mampu melindungi produk genteng asli Sleman, yang lebih dikenal dengan nama “Genteng Godean”, tersebut agar para perajin tetap eksis dan berkembang. Menurutnya berbagai macam model genteng telah diproduksi pengrajin genteng di wilayah Sidorejo seperti Genteng Paris, Turbo, Kodok, Magas, Morano, dan Mantili. Mereka juga memproduksi wuwung dan bata merah.

Dari kiri : Kepala Desa Sidorejo Isharyanto, Kepala Dinas Perindagkop Drs. Pustopo, Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si, Ketua Umum Asosiasi Pengrajin Genteng Kabupaten Sleman “SEMBADA MANUNGGAL” Sukiman Hadi Wijoyo, Camat Godean Drs. Ahmad Yuno Nurkaryadi, MM
Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si menyampaikan bahwa persaingan produksi bahan atap bangunan semakin ketat. Mengantisipasi persaingan tersebut beliau berharap sentra genteng di Sleman khususnya Godean untuk terus berinovasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung proses industri dan pemasaran. Dengan dikukuhkannya Sentra Industri Genteng Godean Sidorejo, beliau berharap Desa Sidorejo dapat memajukan industri dan mengembangkan potensi yang ada di Desa Sidorejo. Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si juga mengajak seluruh pelaku industri, stakeholder dan masyarakat untuk bersama-sama menggunakan produk lokal agar menjadi tuan rumah di wilayahnya sendiri.

Beberapa Produk Sentra Industri Genteng Godean Sidorejo
Acara pengukuhan juga didukung oleh Bank BPD DIY Cabang Sleman sebagai salah satu bank pilihan nasabah UMKM dan BPJS Ketenagakerjaan Perintis Sleman yang peduli  terhadap perlindungan dasar  tenaga kerja.