PELAKSANAAN GERAKAN IRIGASI BERSIH (GIB) TAHUN 2016

DINAS SDAEM,- Bidang Irigasi Air memegang peranan sangat penting bagi kehidupan, tidak hanya manusia tetapi juga hewan dan tanaman.  Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak perilaku manusia yang mengancam keberadaan air. Pencemaran terjadi di mana-mana, tidak terkecuali air irigasi. Saat ini banyak petani yang resah karena pencemaran telah berdampak buruk pada system pertanian mereka. Pencemaran terjadi karena banyaknya polutan yang masuk ke areal pertanian melalui jaringan irigasi. Polutan tersebut umumnya berupa limbah industry, limbah pasar, dan juga limbah rumah tangga baik padat (sampah) maupun cair.

Permasalahan tersebut sangat menarik untuk ditindaklanjuti dan diselesaikan. Seperti diketahui bahwa masalah sampah menjadi satu persoalan yang sangat rumit. Karena itulah pada pertemuan yang di hadiri 38 Pengurus GP3A dan P3A se kabupaten Sleman telah disepakati pentingnya suatu gerakan yang bertujuan untuk menjaga kebersihan saluran irigasi di wilayah Kabupaten Sleman.

Berdasarkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 43 tahun 2015 tentang Gerakan Irigasi Bersih pasal 10 ayat (4) bahwa Gerakan irigasi bersih dilaksanakan pada tanggal 30 maret dan 30 September setiap tahunnya (atau menyesuaikan dengan hari minggu pada akhir bulan maret atau awal bulan april). Waktu tersebut dihubungkan dengan perubahan musim dari penghujan ke kemarau dan dari kemarau ke musim penghujan.

Secara umum Gerakan Irigasi Bersih (GIB) bertujuan untuk melakukan edukasi dan pemberdayaan masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan hidupnya dengan mengenalkan budaya hidup bersih, secara khusus GIB bertujuan:

  1. Melakukan edukasi dan pemberdayaan masyarakat dengan cara melakukan gerakan belajar bersama antar pelaku, untuk mempunyai budaya hidup bersih dan melakukan manajemen sampah secara berkelanjutan.
  2. Menyusun suatu konsep partisipasi masyarakat dan pemerintah kabupaten/provinsi dalam melakukan gerakan irigasi bersih sebagai bagian dari tindakan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi yang menjadi kewenangan masing-masing pihak.
  3. Melakukan pembersihan dan menjaga jaringan irigasi tetap bersih di Kabupaten sleman sebagai bagian tindakan Operasi dan Pemeliharaan irigasi setelah berkoordinasi dengan para pihak dalam pengelolaan irigasi sebagai gerakan partisipatif masyarakat dan berkelanjutan.

Pelaksanaan kegiatan Gerakan Irigasi Bersih pada tahun 2016 ini telah dilaksanakan pada hari Minggu 3 April 2016 yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Kabupaten Sleman, dengan melibatkan baik unsur kecamatan, desa maupun padukuhan melalui informasi lewat surat edaran dari Pemerintah Kabupaten Sleman nomor: 611/00602 tertanggal 23 Maret 2016

Secara umum pelaksanaan GIB tahun ini meriah dan mampu menggerakkan partisipasi anggota P3A. Kehadiran Camat dan Kepala Desa ikut mewarnai kegiatan ini antara lain Camat Ngaglik, Camat Berbah, Camat Turi, Kepala Desa Sukoharjo dan Kepala Desa Wedomartani serta aparat kecamatan maupun desa yang tidak dapat kami sampaikan dalam laporan pelaksanaan ini.

 

Dokumentasi pelaksanaan GIB, Minggu 3 April 2016: